Beranda Kesehatan Dokter dan Paramedis RSIA dilatih Skill Bantu Nafas Pada Bayi

Dokter dan Paramedis RSIA dilatih Skill Bantu Nafas Pada Bayi

107
0
BERBAGI
Para Pelatih | Foto : Moh Andalas

FOKUSACEH.COM, Banda Aceh – 35 orang dokter dan paramedis termasuk dokter spesialis anak dan obgyn dilatih ketrampilan khusus bantu nafas bayi baru lahir yang dikenal dengan resusitasi neonatus selama 2 hari mulai dari tanggal 23 s/d 24 Agustus di aula RSIA banda aceh. Para peserta dari rumah sakit ibu anak dan staf dan Kesehatan Pemkab aceh besar.

Pelatihan ini sendiri dibuka langsung oleh Wadir RSIA dr Rahmad Yani, yang meminta kedepan para dokter dan paramedis mahir dalam menolong bayi lahir sebab saat ini masalah komplikasi bayi baru lahir berupa sulit bernafas menjadi masalah utama penyebab kematian bayi terutama di negara sedang berkembang.

Disisilain Dr Angki Tri Rini  yang juga ketua tim pelatih mengatakan 90 persen bayi lahir bugar, yang bermasalah hanya 10 persen. Kunci keberhasilan dalam penanganan bayi adalah kemampuan staf medis dan para medis menekan resiko lebih lanjut dari yang 10 persen.

Sebab bayi yang perlu penanganan adalah  hanya 1 persen oleh Karena itu pelatihan ini sangatlah penting demi sukses mendapatkan bayi yang sehat.

ketua tim pelatih juga menambahkan, para pelatih terdiri antara lain Dr Anky Tri Rini, SpA(K), Dr. Indra Yanti,SpA, MARS, Dr. Yuliati, SpA, Dr Pertin Sianturi, SpA(K), DR.Dr. Dora Darussalam, SpA(K), DR. Dr. Mohd. Andalas, SpOG(K). Imbuh ketua panitia Muhajirin Skep,Nurs kepada awak media. (moh/banda aceh)