Beranda Nasional Menteri Agama Buka pentas PAI Tingkat Nasional VIII 2017

Menteri Agama Buka pentas PAI Tingkat Nasional VIII 2017

31
0
BERBAGI
Pembukaan Pentas PAI Nasional VIII di Aceh
Pembukaan Pentas PAI Nasional VIII di Aceh

Fokusaceh.com- Banda Aceh- Menteri Agama RI Lukman Hakin Saifuddin menabuh Gendang Rapai tanda di bukanya Pekan  Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) Tingkat Nasional ke VIII tahun 2017 yang berlangsung di Taman Sultanah Ratu Safiatuddin Banda Aceh, Senin (9/10).

Menteri Agama dalam sambutannya mengatakan dengan Pentas PAI ini sebagai ajang silaturrahim, penyelenggaraan Kegiatan ini sesungguhnya merupakan kebutuhan kita semua sebagai orang tua yang memiliki anak, mulai dari jenjang SD hingga SMA dan sederajat, kebutuhan untuk mengetahui bagaimana pengetahuan bahkan minat dan keterampilan yang dimiliki  anak-anak kita di bidang pendidikan agama isalam.

Penyelenggaraaqn Pentas PAI ini memiliki makna dan posisi yang strategis, diantaranya kebutuhan-kebutuhan yang di maksud dengan tema’’ Merawat Keberagaman, memantabkan Keberagamaan’’ tema ini sangat penting untuk kita gelorakan terutama di tengah-tengah penyelenggaraan Pentas PAI ini.

Pendidikan agama islam itu sudah seharusnya di kaitkan dengan karakteristik ke Indonesiaan yang tidak terpisahkan oleh keberagaman dalam banyak aspeknya, nilai- nilai religius kita dalam keagamaan dan keberagamaan merupakan jati diri bangsa Indonesia yang tidak terpisahkan.” jelas Menteri.

Indonesia adalah negara yang sangat majemuk, baik dari aspek Suku, budaya bahasa, bahkan agama sekalipun. Ini adalah fitrah dan karunia dari allah swt yag di berikan untuk bangsa kita. Keragaman ini merupakan kekayaan yang amat agung dan perlu kita rawat bersama,” tambahnya.

Disisi lain Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan religiusitas atau nilai- nilai keagamaan yang begitu tinggi.” Cara yang paling efektif untuk merawat keberagaman itu adalah menghadirkan nilai nilai religiusitas itu sebagai perekat dan posisi sosial yang mampu melahirkan kesadaran dan pemahaman dan tingkah laku yang menjunjung tinggi akan eksistensi antar sesama sehingga terjalin rasa persaudaraan dan keharmonisan di antara kita.” lanjutnya

Mari kita sukseskan Even Pentas PAI Nasional VIII dengan merawat  keragaman sebagai kenyataan faktual keindonesiaan dengan memantabkan nilai-nilai keberagaman kita. Pendidikan Agama islam menjadi  Instrumen untuk menguhkan semangat nasionalisme dan kebangsaan kita.

Lukman Hakim mengapresiasi Gubernur Aceh dan jajaran pemerintahan yang begitu antusias mempersiapkan terselenggaranya even Nasional ini,” pujinya.

Gubernur Aceh Irwandi Yusuf dalam sambutan nya mengatakan,” terimakasih kepada Menteri Agama dan Kementriannya yang telah mempercayakan Aceh menjadi tuan rumah Pentas PAI Nasional VIII 2017.” Katanya.

Dengan di percayakan Aceh sebagai tuan rumah even Nasional,” ini membuktikan bahwa Aceh dianggap mampu dan layak mengemban tanggung jawab. Dan ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Aceh sebagai tuan rumah yang pertama menggelar Even Tingkat Nasional di luar pulau jawa.” Ungkapnya.

Bagi seluruh peserta dan rombongan kami persilahkan melihat, menikmati kekayaan Aceh yang sangat luar biasa, baik di bidang wisata, kuliner, seni dan budaya. saya jamin Aceh sudah sangat aman, bahkan lebih aman dari provinsi-provinsi yang ada di indonesia,” ujar Irwandi.(akb).