Beranda Pendidikan O2SN SMK Tingkat Provinsi dan Nasional Akan Digelar di Tahun yang Sama

O2SN SMK Tingkat Provinsi dan Nasional Akan Digelar di Tahun yang Sama

52
0
BERBAGI

BANDA ACEH – Dinas Pendidikan Aceh mewacanakan agar pelaksanaan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dapat dilaksanakan di tahun yang sama.

Sebagaimana diketahui, selama ini O2SN SMK tingkat provinsi Aceh dan kancah nasional di gelar thidak di tahun yang sama, melainkan ditahun berikutnya. Untuk itu, Dinas Pendidikan Aceh benerncana agar kegiatan tingkat provinsi dan nasional dapat berlangsung di tahun yang sama.

“Mulai tahun 2018 mendatang, kita harapkan event tingkat provinsi dan tingkat nasional dapat dilaksanakan di tahun yang sama. Sehingga, para pemenang tetap tidak perlu menunggu waktu sampai tahun depan lagi,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Drs. Laisani, M,Si, melalui Kepala Bidang Pembinaan SMK, T. Miftahhhuddin, saat menutup O2SN SMK tahun 2017, Rabu, (19/07/2017), malam di Banda Aceh.

Ia menjelaskan, para juara satu O2SN tingkat provinsi Aceh tahun 2017 akan diseleksi dengan pemenang tahun 2018. Nah, bagi yang berhasil juara satu nantinya akan mewakili Aceh ditingkat nasional.

“Akan ada seleksi terhadap juara satu O2SN SMK tahun 2017 dengan pemenang tahun 2018. Dari hasil tersebut, barulah dikirim atlet yang mewakili Aceh ke kancah nasional,” katanya.

Ia mengatakan,   salah satu tujuan diadakannya Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) SMK ini diharapkan dapat memotivasi siswa yang mempunyai bakat dibidang olahraga, sehingga para siswa dapat meningkatkan skill atau kemampuan mereka sesuai dengan bidang yang dimilikinya.

“Kegiatan ini juga sekaligus untuk dapat membentuk sikap/karakter siswa yang diaharapkan dapat mengantarkan mereka kepada kehidupan yang penuh dengan rasa aman, jujur, disiplin, sportifitas, penuh kreatifitas, serta rasa persahabatan dan kebangsaan yang tinggi antar sesama siswa,” katanya.

Menurutnya, pelaksanaan O2SN SMK tahun 2017 ini telah berlangsung dengan sukses sebagaimana laporan panitia pelaksana. Hasil, telah didapat peserta terbaik juara I hingga juara III pada masing-masing cabang lomba.

Ia menegaskan, kepada atlet yang telah berhasil memperoleh medali emas, perak dan perunggu, untuk tidak euforia. Karena hal ini dapat membuat atlet lalai berlatih dan mengasah kemampuannya.

“Bagi yang telah berhasil meraih prestasi tingkatkan lagi kemampuan dan keterampilannya, sehingga prestasi yang didapat ini mampu dipertahankan. Bahkan, jika sanggup harus berhasil meraih prestasi yang lebih gemilang lagi,” tegasnya.

Ia mengatakan, Pemerintah Aceh yang secara teknis dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan Aceh terus bertekad untuk mempersiapkan atlet O2SN SMK ke tingkat nasional.Kesungguhan, kesabaran dan keyakinan atlet, lanjutnya sangat dituntut selama mengikuti pembekalan nantinya agar tidak ada celah bagi tim.

“Oleh karena itu, saya berharap kepada seluruh yang terlibat dalam kegiatan O2SN ini agar tetap menjaga silaturrahmi sesama para peserta, baik yang mendapat juara dalam lomba maupun yang belum juara agar tetap menjunjung tinggi harkat dan martabatnya,” imbuhnya.

Sebelumnya, ketua panitia, Suhirman, dalam laporannya menjelaskan, kegiatan seleksi O2SN SMK tingkat provinsi berjalan dengan baik, tertib dan aman. para peserta mengikuti lomba dengan sangat antusias dan penuh semangat.”Peserta seleksi O2SN SMK tingkat provinsi tahun 2017 ini adalah para siswa SMK yang berasal dari 23 kabupaten/kota,” terangnya. (dh/ril)