Beranda Kesehatan Unsyiah dan UWA, Australia Jajaki Kerjasama

Unsyiah dan UWA, Australia Jajaki Kerjasama

43
0
BERBAGI
Bersama Dekan FK UWA, Australia Dekan Fakultas Kedokteran UWA, Perth, Australia, Prof. Dr. Windy Erber bersama Dr. Mohd Andalas dan dr. Harapan, serta Prof. Alisson di kampus FK UWA, Rabu, 5/4. Foto: fokusaceh.com_ist

Fokusaceh.com – Fakultas Kedokteran (FK) Unsyiah  menjajaki kerjasama dengan  University Western Australia (UWA), Perth, Australia. Awal April ini, sejumlah penanggung jawab FK Unsyiah menggelar pertemuan dengan petinggi UWA, di Perth.

Mohanda – Perth, Australia

Pada pertemuan pertama, Senin (3/4), pihak UWA yang terdiri dari Prof David, penanggung jawab lab di UWA, didampingi Prof Jon dan Prof Allison, menyambut baik harapan kerjasama lanjutan bidang penyakit tropis ini.

BACA JUGA:
                     •    AKI – AKB Tinggi, Aceh Utara Butuh Qanun KIBBLA
                     •    Cimsa FK Unimal Bagi Obat Cacing
                     •    RSUZA, IDI dan FK Unsyiah Gelar Seminar Diabetes

Apresiasi dan harapan juga mengemuka pada pertemuan kedua, Selasa 4/4 dengan Dekan Fakuktas Kedokteran UWA, Prof, Dr Wendy Erber yang didampingi oleh Prof Allison.

“Mereka malah memberi peluang pertukaran mahasiswa terhadap bidang penyakit tropis seperti yang dikakukan Cina dan Vietnam selama ini. Dan saya sebagai tim awal kerjasama berharap dalam waktu dekat Dekan FK Unsyiah bersama Rektor bisa berkunjung ke Perth dalam upaya lanjutan kerjasama ini.

Pertemuan dengan Pimpinan Path West Pert, Australia
Bersama pimpinan Path West Pert, Prof Dr David Smith, Prof Dr Jon, Harapan Msc, staf pengajar FK unsyiah, Prof Ascociate Dr Allison, dan Dr, dr Mohd Andalas, Ketua tim pengembangan FK Unsyiah saat pertemuan rencana kerjasama dengan FK Unsyiah di Path West University Western, Australia, Perth Australia, Senin 2/4 2017. Foto: fokusaceh.com_ist

Karena kesempatan ini sangat baik dalam pengembangan kapasitas wawasan keilmuan calon dokter Unsyiah. Malah diakhir pertemuan, Prof Dr Wendy Erber, Dekan Fakultas Kedokteran dan Biomedical Science, Universitas Western Australia berharap MoU ini bisa segera terwujud,” ujar Dr. Mohd. Andalas dr. Sp.OG, FMAS.

FK Unsyiah, kata Andalas, saat ini terus berkiprah dalam pengembangan staf akademik dan staf laboratorium dalam menunjang kapasitas sumber daya manusia demi optimalnya pelayanan.

Dengan akreditasi A, saat ini FK Unsyiah mempunyai dua prodi S-1, yakni kedokteran dan psikologi. Untuk Prodi profesi kedokteran, di bidang post graduate, ada tujuh cabang spesialis.

“Ada tiga bidang unggulan sebagai muatan lokal yang menjadi prioritas saat ini, yakni bidang penyakit tropis, kedokteran keluarga (family medicine) dan bidang kebencanaan. Untuk kedokteran keluarga, saat ini berafiliasi dengan Macmaster Kanada dan Yangming University,” katanya.

Sementara bidang penyakit tropis, bekerjasama dengan Gottingen University. FK Unsyiah juga tengah menjajaki kerjasama dengan  UWA.

“Saat ini salah seorang staf kami, dr Harapan tengah dalam penyelesaian program doktor di university tersebut, dan saya sebagai Ketua Tim Pengembangan FK Unsyiah, berharap ini akan menjadi titik awal berkembangnya prodi penyakit tropik di FK Unsyiah,” kata Andalas. *ara